ANNYEONG HASSEO, WELLCOME to ELDA's World

Dynamic Glitter Text Generator at TextSpace.net

Sabtu, 13 Oktober 2012

Penggunaan Prinsip Sel Volta



         1.         Baterai Nikel Kadmium
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiNT0c3GYNLWFp73vNXOSXkhIWDcEYljIjcdSFtyOcMvlHEI92LCL-2LEdwVLGT_AJZ7sUB4vGC-_c4bgNubcMMDkFoYKcKmd_Snqef3pzMC1UnfGdEp6yI0Jc_NeVQ36iZQnQZjGnjXVk/s1600/nikel+cadmium.jpg
Baterai ini menggunakan nikel oksida sebagai elektode positif (katode), senyawa cadmium sebagai electrode negative (anode), dan larutan KOH sebagai elektrolit. Baterai nikel cadmium ini dapat diisi ulang dan bertahan 10-20 tahun di luar angkasa. Saat sedang digunakan, baterai tersebut mengubah energy kimia menjadi energy listrik dan sebaliknya, mengubah energy listrik menjadi energy kimia saat sedang diisi. Baterai nikel-kadmium merupakan zat padat yang melekat pada kedua elektrodenya. Baterai nikel-kadmium memiliki tegangan sekitar 1,4V. Dengan membalik arah aliran elektron, zat-zat tersebut dapat diubah kembali seperti zat semula.
Anode :  Cd(s) + 2OH-(aq) → Cd(OH)2(s) + 2e-
Katode            : NiO2(s) + 2H2O + 2e- → Ni(OH)2(s) + 2OH-(aq)                   +
                  Cd(s) + NiO(aq) + 2H2O(l) → Cd(OH)2(s) + Ni(OH)2(s)
Baterai Nikel - Kadmium digunakan sebagai baterai dalam berbagai peralatan luar angkasa sejak tahun 1970-an. Misalnya pada satelit dan beberapa peralatan luar angkasa. Umumnya peralatan tersebut didesain sedemikian rupa sehingga dapat menghemat pemakaian ruangan dalam pesawat. Nickel Cadmium, alias NiCad, merupakan batere isi ulang pertama dan yang paling murah sehingga banyak dipakai di mainan anak-anak dan berbagai gadget. Pengisian ulang dayanya relatif cepat, tetapi memiliki efek memori.

         2.         Baterai Perak Oksida
http://t1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTTvlADz6eXaJXbczWHEixXx1auQb1v75_zUXFqd5kGTcxQeM2d&t=1
Baterai perak oksida terdiri atas Zn sebagai anode, AgO sebagai katode dan KOH bentuk pasta sebagai elektrolit. Potensial selnya adalah 1,5 volt dan dapat bertahan untuk waktu yang cukup lama. Reaksi elektrodenya adalah sebagai berikut:
Anode: Zn(s) + 2OH- (aq) Zn(OH)2(s) + 2e
Katode: Ag2O(s) + 2H2O(l) +2e 2Ag(s) + 2OH- (aq)
Baterai Perak Oksida adalah baterai kecil yang banyak digunakan pada arloji, kalkulator, kamera, alat bantu pendengaran dan berbagai jenis alat elektronik lainnya.

         3.         Sel Bahan Bakar
http://www.chem-is-try.org/wp-content/migrated_images/artikel/metanol.gif
Sel Bahan bakar merupakan sel Galvani dengan pereaksi – pereaksinya (oksigen dan hidrogen) dialirkan secara kontinyu ke dalam elektrode berpori. Sel ini terdiri atas anode dari nikel, katode dari nikel oksida dan elektrolit KOH.

Reaksi yang terjadi :

Anode : 2H2(g) + 4OH-(aq) → 4H2O(l) + 4e
Katode : O2(g) + 2H2O(l) + 4e → 4OH-(aq)
Reaksi sel : 2H2(g) + O2 → 2H2O(l)

1 komentar: