ANNYEONG HASSEO, WELLCOME to ELDA's World

Dynamic Glitter Text Generator at TextSpace.net

Minggu, 12 Januari 2014

Membentuk Manusia Indonesia Unggul Dalam Berbagai Sektor, Mimpi Ataukah Nyata


Manusia Indonesia memang jauh dari kata unggul, entah itu petaninya, nelayannya, ustadznya, gurunya, dan masih banyak lagi. Padahal Indonesia ditunjang oleh sumber serta kekayaan alam yang berlimpah dibandingkan dengan Negara lainnya. Coba tengok saja Amerika yang notabenya sebagai Negara maju tidak dikaruniai sumber daya alam semelimpah Indonesia, tapi Negara tersebut mampu mengungguli negara-negara lainnya. Salah satu yang membuat Indonesia tertinggal jauh oleh Amerika adalah sumber daya manusianya. Kurang kesadaran mereka untuk berinovasi, membuat Indonesia tetap jalan ditempat tanpa adanya suatu perubaahan yang signifikan.
Petani ataupun nelayan tidak harus lulus S1 untuk mengembangkan sector pertanian maupun perikanannya. Memberikan bimbingan intenisf pada para petani dan nelayan serta membekali mereka dengan ilmu pengetahuan teknologi terbaru. Dalam hal menciptakan manusia unggul, sangat dibutuhkan peran yang besar dari pemerintah, salah satunya adalah memfasilitasi alat-alat yang mampu menunjang pertanian serta  perikanan agar lebih maju.
Penanaman jiwa kritis, inovatif, dan kreatif pada manusia Indonesia adalah hal pertama yang harus diberikan. Selain menciptakan manusia yang mengerti teknologi, juga harus mengakarkan pentingnya sebuah kreatifitas agar manusia Indonesia terus berinovasi tanpa henti.
Uraian di atas terdengar mudah untuk dilakukan, namun kenyataannya sangat sulit diterapkan. Entah itu dikarenakan manusianya sendiri ataukah pemerintah yang tidak pernah mengambil langkah pasti untuk memberdayakan masyarakat Indonesia menjadi manusia yang unggul. Padahal seharusnya hal tersebut sudah dimulai sejak jauh-jauh hari sebelum akhirnya Indonesia mengalami ketertinggalan dan dipenuhi korupsi.

1 komentar: